Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada 1-0

12Goal – Hasil Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada dalam pertandingan pembuka Grup F yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, 24 November 2022 dini hari WIB.

Timnas Belgia menang dengan skor tipis 1-0. Dimana gol semata wayang Belgia dicetak oleh Michy Batshuayi pada menit ke-44.

Dalam pertandingan ini Belgia yang diyakini mampu memberikan tekanan kepada Kanada justru berbanding terbalik. Belgia mencatatkan 9 tembakan sedangkan Kanda mencatatkan 21 tembakan.

Kemenangan Belgia baru-baru ini menempatkan mereka di puncak klasemen. Sebagai satu-satunya tim di Grup F yang gagal mencetak banyak gol di pembukaan Piala Dunia 2022, Sementara, Kanada harus duduk di dasar klasemen.

Jalannya Pertandingan Belgia vs Kanada

Bentuk ofensif Kanada melawan Belgia tampak agresif. Bahkan saat menyerang, Kanada mencoba memainkan umpan-umpan vertikal.

Di 8 menit pertama, Kanada sukses mengurung Belgia di pertahanannya sendiri. Jonathan David dan lainnya berhasil dengan tiga tembakan di area penalti.

Peluang terbaik datang pada menit ke-10. Semenit lalu, VAR mengonfirmasi handball Carrasco di area penalti. Wasit Janny Sikazwe memutuskan untuk memberi Kanada penalti.

Alfonso Davies maju sebagai eksekutor. Pemain Bayern Munich itu membidik sudut kanan bawah gawang Thibaut Courtois namun diblok dengan sempurna.

Sejak itu, pelanggaran Kanada tidak berkurang. Sebanyak 14 tembakan dilakukan, hanya 2 yang berasal dari luar kotak penalti. Namun, tidak satu pun dari serangan ini yang mencetak gol.

Belgia di bawah tekanan, mengandalkan serangan balik cepat. Peluangnya sangat tipis. Belgia hanya memiliki empat tembakan ke gawang di babak pertama.

Namun, serangan di menit ke-44 berdampak nyata. Batshuayi memanfaatkan peluang yang ada untuk mencetak gol Kanada untuk sementara.

Belgia mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Intensitas tinggi Kanada di babak pertama turun tajam di babak kedua. Permainan cepat dengan sayap dan operan vertikal menjadi kurang umum.

Selain itu, Belgia yang melakukan dua pergantian pemain di awal babak kedua membuat permainannya semakin solid, terutama di sayap.

Dalam 30 menit babak kedua, tim Kanada terlihat sangat kesulitan. Hanya empat tembakan yang dilepaskan, tidak ada yang berbahaya.

Meski begitu, Kanada tetap menggunakan blok tinggi yang sama. Belgia memanfaatkan celah itu untuk melanjutkan serangan mereka. Trisula Belgia Garde Bruyne menggunakan ruang terbuka.

Peluang terbaik Kanada baru datang lagi di menit ke-80. Dimulai dengan umpan silang dari kanan, Jonathan David menyundul bola keluar dari jangkauan kiper. Tapi Cortois adalah tembok lain yang tidak bisa ditembus.

Dimulai dengan Kanada, intensitas persaingan berkurang. Di saat yang sama, meski pelanggaran Belgia berulang kali mendapatkan peluang konversi, namun semakin tersebar.

Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Leander Dendoncker, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Youri Tielemans (Amadou Onana 46’), Axel Witsel, Yannick Carrasco (Thomas Meunier 46’); Kevin de Bruyne, Eden Hazard (Leandro Trossard 62’); Michy Batshuayi (Ikoma Lois Openda 78’).
Pelatih: Roberto Martinez

Kanada (3-4-2-1): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Junior Hoilett (Cyle Larin 58’), Atiba Hutchinson (Ismael Kone 58’), Stephen Eustaquio (Jonathan Osorio 81’), Richie Laryea (Sam Adekugbe 74’); Tajon Buchanan (Lima Millar 81’), Alphonso Davies; Jonathan David.
Pelatih: John Herdman

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button