Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Portugal vs Ghana 3-2

12Goal.com – Hasil Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Portugal vs Ghana pada laga pertama grup H di Ras Abu Aboud Stadium, Kamis 24 November malam WIB. Portugal menang dengan skor 3-2 atas Ghana.

Dalam pertandingan Portugal berhasil mencetak gol melalui Cristiano Ronaldo pada menit ke-65 dari titik putih. Dua gol lainnya dicetak oleh Joao Felix menit ke-78 dan Rafael Leao menit ke-80.

Sementara, dua gol dari Ghana dicetak oleh Andre Ayew di menit ke-73 dan Osman Bukari di menit ke-89.

Kedua tim bermain cukup seimbang dan tempo yang tidak begitu agresif. Permainan bola pendek Portugal tidak terburu-buru membongkar pertahanan blok rendah Ghana.

Ketika celah pertahanan Ghana terbuka, Portugal segera melangkah. Seperti yang terjadi pada menit ke-10, Ronaldo berhadapan satu lawan satu dengan kiper Artie Zigi. Namun, Artie Zigi dengan hati-hati memposisikan tubuhnya untuk memblok tembakan Ronaldo.

Hasil Piala Dunia 2022 Portugal vs Ghana 3-2

Pada menit ke-31, Ronaldo mencetak gol Ghana. Dia memenangkan duel dengan Alexander Djiku di area penalti. Posisinya dibersihkan untuk menembak dan berhasil mengalahkan Ati Ziji. Sayang wasit tidak menyetujui gol tersebut, karena Ronaldo dianggap melanggar Djiku.

Portugal mendominasi 45 menit pertama. Ghana hanya menunggu Portugal melakukan kesalahan dan sama sekali tidak ingin mengintervensi bola.

Meski Portugal menguasai 70% permainan, distribusi bola sangat lambat. Masalah lainnya, menjadikan Ronaldo sebagai tumpuan justru menghambat kreativitas pemain yang mengancam Garner.

Garner mengubah pendekatan di babak kedua. Tim berjulukan Bintang Hitam itu mulai mencoba menahan bola lebih lama.

Pendekatan ini memudahkan Garner untuk memasuki sepertiga akhir dengan lebih rapi. Padahal empat tembakan pertama datang dari luar kotak, semuanya.

Sementara Ghana berusaha menyeimbangkan permainan, Mohammad Salisu lengah dalam menahan pergerakan Ronaldo di dalam kotak. Pelanggarannya menyebabkan wasit Ismail Erfate menghadiahkan Portugal penalti.

Cristiano Ronaldo yang melangkah maju bertindak sebagai algojo melepaskan tembakan keras dan melewati tantangan Artie Ziggy. Pada menit ke-65, Portugal memimpin 1-0.

Tak butuh waktu lama bagi Ghana untuk menyamakan kedudukan. Pergantian permainan terbayar di menit ke-73. Pada sektor sayap Kudus berhasil mengirimkan umpan silang yang dimasukkan Ayew untuk membuat pemain Portugal itu tepat sasaran.

Namun, Portugal juga tak butuh waktu lama untuk mencetak gol. Pada menit ke-78, Portugal kembali memimpin melalui gol Felix. Manuvernya mencari ruang di belakang pertahanan Ghana diakhiri dengan kemampuannya mengalahkan Ati-Zigi dalam situasi satu lawan satu.

Pada menit ke-80 dua menit kemudian, Portugal bermain tandang. Gol kali ini dicetak oleh Leo yang baru bermain tiga menit berselang. Tujuannya mirip dengan yang kedua, memanfaatkan ruang di belakang pertahanan Ghana dan diakhiri dengan tembakan pertama.

Portugal kecewa untuk kedua kalinya. Di sisi yang sama, Ghana melakukan pergerakan maju yang bagus dan mengoper ke Bukari yang melakukan sundulan terbuka. Ghana memperkecil ketertinggalan pada menit ke-89.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves (Rafael Leao 77’), Bernardo Silva (Joao Palhinha 88’), Bruno Fernandes; Otavio (William Carvalho 56’), Joao Felix (Joao Mario 88’), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88’).

Pelatih: Fernando Santos

Ghana (5-4-1): Lawrence Ati-Zigi; Alidu Seidu (Tariq Lamptey 66’), Daniel Amartey, Alexander Djiku (Daniel-Kofi Kyereh 90’+3), Mohammed Salisu, Abdul-Rahman Baba; Mohammed Kudus (Osman Bukari 77’), Thomas Partey, Salis Abdul Samed (Antoine Semenyo 90’+3), Andre Ayew (Jordan Ayew 77’); Inaki Williams.

Pelatih: Otto Addo

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button