Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Portugal vs Uruguay 2-0

12Goal.com – Hasil Piala Dunia 2022 antara Portugal vs Uruguay di Grup H yang berlangsung di Stadion Lusail Iconic Stadium, Selasa 29 November 2022 dini hari WIB.

Dalam pertandingan penting ini, Portugal mengalahkan Uruguay dengan dua gol yang dimana dicetak oleh Bruno Fernandes di menit ke-54 dan gol kedua dicetak lewat titik putih menit ke-90+3.

Kemenangan Portugal baru-baru ini mengamankan satu tempat di babak 16 besar. Jika Anda dapat menarik Korea Selatan setidaknya di pertandingan terakhir, Anda memiliki peluang bagus untuk lolos ke grup.

Portugal bermain solid sejak turun minum. Meski para pemain Uruguay berusaha menekan tinggi, Portugal lolos dari tekanan.

Menjaga pemain tetap berdekatan dan mengoper bola dengan sabar adalah kuncinya. Uruguay yang tahu sulit mendapatkan bola dari pemain Portugal itu akhirnya menggunakan blok menengah.

Portugal vs Uruguay 2-0, Bruno Borong Dua Gol

Gol ofensif Portugal ada di area sayap. Pergerakan bebas dari dua full-back dan winger yang saling tumpang tindih membuat Uruguay kesulitan untuk bertahan.

Namun baru pada menit ke-30 Uruguay menguasai area penalti. Dari lima tembakan Portugal, hanya satu yang berasal dari dalam kotak. Tidak ada yang berbahaya tentang itu juga.

Dominasi Portugal membuat Uruguay hanya menguasai 29 persen penguasaan bola pada setengah jam pertama. Meski begitu, Uruguay lebih dulu menciptakan peluang berbahaya.

Momen ini datang pada menit ke-33. Rodrigo Bentancur melakukan akselerasi dari areanya sendiri ke area penalti Portugal dengan mengelabui dua pemain lawan. Dia hanya gagal mengecoh kiper Diogo Costa dalam situasi satu lawan satu.

Portugal mengakhiri 45 menit pertama dengan keunggulan nyata. 70% penguasaan bola ditambah 8 tembakan.

Namun, xG Portugal hanya 0,23 karena hanya ada satu tembakan di area penalti. Sedangkan Uruguay hanya melakukan empat tembakan, tiga di antaranya berada di dalam kotak, menciptakan xG senilai 0,62.

Di awal babak kedua, kedua tim masih bermain dengan cara yang sama. Tidak ada pergantian pemain yang dilakukan untuk melakukan perubahan taktis.

Jadi bisa dipastikan Portugal masih mendominasi permainan. Dominasi tersebut akhirnya terbayar di menit ke-54.

Cristiano Ronaldo menanduk umpan silang Bruno Fernandes. Meski aksi Ronaldo tak menyentuh bola, ia sukses memperdaya kiper Lochte dan mengirim umpan silang Bruno ke gawang.

Pelatih Diego Alonso kemudian mengubah gaya permainannya menjadi lebih agresif dan cepat. Ada banyak pemain yang ditempatkan di depan saat menyerang.

Berkali-kali Uruguay mulai mendapatkan peluang mereka. Dimulai dengan pergerakan Facundo Pelisteri dari jarak jauh, tembakan jarak jauh Maximiliano Gomez dan sundulan Cavani. Namun, semuanya belum menjadi kenyataan.

Di menit 90+3, Portugal kembali mencetak gol di penghujung pertandingan. Akibat handball pemain asal Uruguay itu, Bruno sukses mengonversi tendangan pinalti yang diberikan wasit.

Portugal akhirnya menang. 60% penguasaan bola dan 14 tembakan tepat sasaran membuktikan dominasi Portugal di laga ini. Perbaikan di babak kedua juga terlihat dengan peningkatan xG menjadi 1,53.

Uruguay, yang tampil baik setelah kebobolan, gagal memanfaatkan setiap peluang bagus untuk mencetak gol. Meski dalam 11 tembakan, Uruguay memiliki nilai xG 1,27.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes (Raphael Guereiro 42’); Bernardo Silva, Ruben Neves (Rafel Leao 69’), William Carvalho (Joao Palhinha 82’); Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 82’), Joao Felix (Matheus Nunes 82’).

Pelatih: Fernando Santos

Uruguay (3-5-2): Sergio Rochet; Sebastian Coates, Diego Godin (Facundo Pellistri 62’), Jose Gimenez; Guillermo Varela, Federico Valverde, Matias Vecino (Giorgian De Arrascaeta 62’), Rodrigo Bentancur, Mathias Olivera (Matias Vina 86’); Darwin Nunez (Maximiliano Gomez 72’), Edinson Cavani (Luis Suarez 72’).

Pelatih: Diego Alonso

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button